Friday, May 6, 2011

MASAKAN PRAKTISKU KALAU AKU SEDANG MALAS MASAK

Biasanya kalau malasku sedang kumat, aku masak seadanya saja. Yang penting masaknya mudah. Di rumah minimal aku harus sedia telur ayam, sambal pecel, bawang bombay, wortel dan mie instant. Karena suamiku punya warung Chinesse Food, jadi di rumah juga selalu sedia caysim, daun bawang, kol, kembang kol, fillet ayam dan jeroan. Inilah masaka - masakan andalanku kalau aku sedang tidak moody untuk masak yang ribet - ribet.

Ayam dan Sosis Asam Manis

Fillet ayam dipotong kecil - kecil, sementara sosis dipotong bundar tidak terlalu tebal, cenderung tipis saja. Tomat juga dipotong dadu.Siapkan wajan, beri minyak sedikit, tumis bawang bombay cincang, kemudian masukkan tomat, ayam dan sosis.Masak hingga ayam matang. Setelah ayam matang, masukkan beberapa sendok saus tomat, beri sedikit air. Berikan garam, gula dan merica. Atur kekentalannya. Sajikan. 

Anak - anakku paling doyan ayam sosis asam manis buatanku. " Terimakasih Bunda, masakannya enak," puji mereka.

Omelet Mie

Rebus mie instant. Buang airnya. Tunggu hingga agak dingin. Aduk 2 butir telur bersama dengan bumbu dalam mie instant (atau bisa juga tidak memakai bumbu mie instant tapi dengan bawang putih yang sudah digeprek dan dirajang halus ditambah garam dan merica). Tambahkan daun bawang ke dalam campuran telur. Masukkan mie yang sudah dingin. Campur jadi satu. Siapkan wajan, beri sedikit minyak dan masukkan adonan mie tersebut. Goreng dengan api kecil supaya bagian dalamnya ikut matang. 

Tahu Campur Sambal Kacang

Tahu direndam sebentar dengan sedikit garam. Jika sudah meresap, potong kecil - kecil sebesar ibu jari. Goreng hingga garing. Kol potong sesuai selera, kalau aku sukanya dipotong memanjang. Goreng sebentar dengan sedikit minyak.  Jangan sampai layu supaya dimakan bisa renyah. Kalau ada tauge, rebus sebentar. Campur tahu goreng, kol goreng dan tauge rebus jadi satu. Tempatkan dalam wadah. Cairkan sambal kacang, tuang diatas campuran tahu tersebut. Lebih nikmat bila ditambahkan sedikit kecap.

Kalau menu yang satu ini, favoritnya suamiku dan Auryn. Dhayan tidak menikmati karena dia tidak suka sambal kacang.
Bistik Telor Ceplok

Ceplok dahulu beberapa telur. Tumis bawang bombay cincang dan bawang putih cincang. Masukkan tomat yang sudah dipotong - potong dadu. Jika suka pedas, masukkan beberapa iris cabe, lebih enak cabe rawit merah ). Masukkan semua telor ceplok. Tambahkan kecap sesuai selera. Tambahkan sedikit garam dan merica. Masak hingga mengental. Sajikan dengan taburan bawang goreng. 

Anakku Auryn kalau makan telor ceplok tidak terlalu lahap, tapi kalau makan bistik telor ceplok, makannya bisa nambah sampai 2 piring. 

Pecel Sayuran

Sayuran yang dipakai seadanya yang ada di kulkas. Biasanya kol, labu siam dan caysim yang aku pakai. Rebus sayur-sayuran tersebut. Jangan sampai terlalu layu.  Supaya vitaminnya tidak banyak terbuang. Sisa air rebusan bisa dipakai untuk mencairkan sambal kacang.  

Orak - arik telor sayuran

Kocok kira - kira 3 - 4 telor ayam. Panaskan wajan terlebih dahulu. Kalau sudah panas, baru masukkan seidkit minyak. Tuang kocokan telor, dan orak arik. Setelah agak setengah matang, sisihkan. Tumis bawang putih yang sudah digeprek dan dicincang halus. Masukkan telor yang sudah diorak - arik tadi. Tambahkan kol yang sudah dipotong panjang - panjang, wortel yang sudah diparut kasar dan jika suka beberapa irisan. Tambahkan garam dan merica. Sebelum diangkat, masukkan potongan aun bawang. Aduk - aduk sebentar. Angkat
Itulah beberapa menu masakan praktis aku kalau aku sedang dilanda kemalasan untuk berlama - lama di dapur atau malas pergi ke pasar atau sedang tidak ada uang belanja...(heheheheh)


  






No comments:

Post a Comment