Wednesday, May 18, 2011

Ala tradisional

Sadar kalau dari kecil sudah sering minum obat kalau sakit.....Sadar kalau obat itu bukan penyembuh tetapi malah racun buat tubuh kita....Sekarang, aku lebih mencoba back to nature. Ternyata banyak bahan - bahan alami yang bisa kita manfaatkan khasiatnya. Namanya juga alami....tidak bisa instant seperti obat - obatan kimia. Kita harus telaten, rutin menerapkannya alias harus sabar untuk mendapatkan hasilnya. Ini adalah beberapa contoh bahan - bahan alami yang saya atau kerabat saya pernah rasakan manfaatnya.

Bawang Putih

Bawang Putih bisa menurunkan kadar kolesterol. Saat kolesterol saya sedang tinggi, saya coba saran dari papa saya untuk menelan 2 siung bawang putih yang sudah dipotong 4 bagian. Saya menelannya seperti menelan pil. Alhamdulillah, setelah 2 hari mengkonsumsi bawang putih 2x sehari, kolesterol langsung turun. Selain itu, bawang putih juga bisa mencegah dan mengobati masuk angin atau flu. Caranya dengan menyeduh bawah putih yang telah dihaluskan dalam 1 gelas wedang jahe. Karena jahe juga berfungsi untuk mengusir angin dan penghangat tubuh, sangat pas dipadu dengan bawang putih yang berfungsi sebagai antibiotiknya. Ramuan ini diminum 2x sehari hingga sembuh. Untuk menjaga daya tahan tubuh, bisa gunakan bawang putih sebagai penyedap masakan. Rasanya enak dan tidak usah khawatir akan baunya.
Dalam hal kecantikan, bawang putih juga mengambil peran. Bawang putih bisa menyembuhkan jerawat ataupun bisul. Belah bawang putih menjadi dua. Oleskan pada jerawat atau bisul. Lakukan secara rutin hingga jerawat atau bisul hilang sama sekali. Untuk yang berkulit sensitif tidak dianjurkan karena berefek nyeri dan panas. 
O, iya....hampir saja lupa... Dulu waktu saya susuben (kemasukan kayu kecil ke dalam kulit ), saya oleskan bawang putih beberapa kali secara 1 arah...dan ajaib, itu kayu kecil yang masuk ke dalam kulit pun keluar. Padahal sebelumnya saya mencoba dengan menggunakan peniti yang sudah dipanaskan. Tapi tidak berhasil. Tapi hanya dengan beberapa kali olesan bawang putih, kayu kecil itu pun keluar tanpa rasa sakit.

Bawang Merah
Untuk anak balita, kalau sedang demam, balurkan bawang merah yang sudah ditumbuk dengan dicampur minyak kayu putih atau minyak telon.  Bisa juga digunakan untuk kerokan. Kalau kita biasanya kerokan menggunakan balsem dan koin, sebaiknya kita gunakan bawang merah sebagai pengganti koin. Bawang Merah akan membuka pori - pori dan mengeluarkan angin dan menghangatkan badan. Bagi yang sudah terbiasa kerokan, yang diharapkan hasilnya adalah tatto merah meneyrupai cakaran singa di seluruh badan yang dikerok. Jangan khawatir, dengan bawang merah ini, badan kita juga bisa merah sebagai tanda kalau anginnya sudah keluar. ( Kadang saya berpikir, kalau kerokan, kalau anginnya keluar, badannya merah, berarti angin warnanya  merah kalau begitu..heheehhe ).

Jeruk Nipis
Karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi yang membuat buah ini banyak manfaatnya. Diantaranya adalah untuk melangsingkan tubuh. Caranya, peras 1 buah jeruk nipis dalam 1 gelas air teh tawar. Minum secara rutin cukup sekali sehari. Dalam beberapa minggu, berat badan saya turun beberapa kilo. 
Mungkin kita pernah mendengar kalau orang - orang tua zaman dulu menyarankan kalau batuk, minum perasan air jeruk nipis dengan dicampur kecap manis. Ada benarnya. Saya pun pernah membuktikannya. 
Menurut survey, jeruk nipis juga bisa membantu menurunkan demam. Tapi untuk yang mempunyai gangguan maag, sangat tidak disarankan.  
Jeruk nipis juga bisa menyamarkan flek - flek hitam di kulit karena kandungan vitamin C nya bisa mencerahkan kulit. Buat yang ingin putih ( baca : kulitnya lebih cerah ), oleskan perasan air jeruk nipis pada bagian tubuh yang diinginkan, Diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Ingat, hasilnya tergantung pada ketelatenan, tidak bisa instant. 


Cabe Rawit
Cabe rawit banyak macamnya. Ada cabe rawit hijau, kuning dan merah. Namun yang paling baik adalah yang merah. Saya pernah tidak sengaja kemasukan biji cabe rawit ke dalam gigi saya yang kebetulan sedang sakit. Tidak disangka, ternyata tidak lama kemudian, sakit gigi saya reda. Setelah itu saya browsing, ternyata cabe rawit bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, rematik, penambah stamina dan mengurangi gejala flu. Saya baru sadar , pantas mengapa sewaktu saya makan mie rebus tanpa cabe rawit dengan yang memakai cabe rawit rasanya beda, lebih segar yang ada cabe rawitnya. Bukan hanya cabe bisa mengguggah selera tetapi juga karena cabe rawit bisa menambah stamina. Ingat, semua sesuai takarannya. Jika berlebih, maka bisa menimbulkan keluhan diare dan gangguang pencernaan lainnya.

Jahe
Sepertinya sudah banyak yang mengetahui kalau jahe sangat ampuh mengusir angin. Kalau masuk angin, rajin - rajinlah meminum wedang jahe. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengurangi mual. 

Kencur
Baunya yang tidak enak membuat banyak orang yang kurang suka. Tapi kencur bagus untuk mengobati batuk. Beberapa ruas kencur dimemarkan dan dihaluskan. Seduh dengan air hangat atau bisa juga direbus. Bisa ditambahkan gula batu supaya enak rasanya. Atau jika tidak suka baunya, bisa ditambahkan jahe supaya baunya agak tersamar dengan wangi jahe.

Asam Jawa
Asam jawa yang direbus dengan gula aren (sedikit saja hanya sebagai pemanis tambahan) bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Jika ditambahkan perasan kunyit bisa digunakan untuk mempercantik kulit dan melancarkan menstruasi.

Sirih 
Beberapa manfaat daun sirih adalah : 
- pencuci mata alami. Kalau mata terasa kotor atau sedang sakit, rebus beberepa daun sirih. setelah dingin, gunakan airnya untuk mencuci mata yang kotor atau sakit. Lakukan sehari 3x. 
- antiseptik alami. bisa digunakan untuk kumur - kumur, membersihkan mulut, menghilangkan bau mulut. mengobati sariawan. Ataupun untuk mencuci daerah kewanitaan. 
- mengobati radang tenggorokan . Pertama kumur - kumur dengan rebusan sirih yang sudah diberi sedikit garam. Kemudian, minum 1/2 gelas rebusan sirih tersebut. Ulangi sesering mungkin hingga sembuh.

Apalagi, ya ???? Sebenarnya masih banyak bahan - bahan alami yang banyak manfaat dan khasiatnya. Sementara itu sajalah. Kapan - kapan saya posting lebih banyak lagi. Kali ini hanya sebatas yang saya pernah rasakan manfaatnya sehingga membuat saya menanam tumbuh - tumbuhan tersebut di halaman rumah saya sebagai apotik hidup. 














No comments:

Post a Comment